Pages

Senin, 27 Februari 2012

Jangan buang bangkai tikus dijalan!!!

Gp    : lo pernah ketabrak mobil ga?
Jerry
 : ga pernah tuh gan, kok ente nanya gitu ke ane.

Gp     : soalnya ditempat gua banyak bener jenazah2 tikus yg kelindes dijalan
Jerry : wahhhh, ente salah persepsi gan, emang sih ada beberapa dari tikus yg mati gara2 kelindes ban. tapi ga banyak paling beberapa. kebanyakan bangke2 temen ane yg mati dijalan itu hasil buangan warga2 yg benci ama temen2 ane . abis ditangkep dibunuh trus dibuang deh kejalan
Gp    : jadi begitu ya, hmmm saya turut berduka atas kejadian yg menimpa teman2 kamu
Jerry : makasih gan, tapi ane minta tolong kalo emang manusia pada benci ma tikus ya ane    tau sih mereka termasuk hama penggangu. tapi tolong mayat mereka dikubur jangan dibuang dijalan gan
Gp    : baik gan, ntar ane kasih tau

Sempat gua berpikir kenapa sih jenazah tikus itu dibuang ke jalan? Mungkin sebagai ungkapan kejengkelan orang atas ulah tikus-tikus itu. Bisa juga sebaliknya, ungkapan kegembiaraan mereka karena berhasil menangkap binatang menjijikkan itu. Namun, tidakkah mereka berpikir panjang, tindakan membuang tikus sembarangan ternyata sangat tidak etis, mengganggu kenyamanan pengguna jalan, serta sumber penyakit yang berbahaya.

Bangkai tikus yang telah hancur berserakan diinjak roda kendaraan, tentu menimbulkan pemandangan dan aroma yang kurang sedap, terlebih pada musim panas. Sedangkan bila musim hujan tiba, ceceran bangkai tersebut semakin hancur bercampur dengan air hujan dan menyebar semakin jauh, tentu saja dengan beragam jenis penyakit. Bukan hanya di jalan, tapi juga hingga ke rumah. Rumah! Ya, roda kendaraan kesayangan Anda, ternyata menginjak bangkai dan membawanya hingga ke rumah. Bayangkan juga, bila ternyata kendaraan itu disimpan bukan pada garasi, tapi di ruang tamu!


Jadi, apapun alasannya, membuang jenazah tikus di jalanan bukanlah sebuah pilihan bijak. Jalan bukanlah tempat sampah umum, sehingga dengan seenaknya kita membuang sesuatu di sana. Bukankah masih ada cara lain yang lebih sehat, misalnya mengubur jenazah tikus tersebut? Cara ini tentu jauh lebih sehat dan terhormat. Jadi, sekali lagi, marilah berpikir dan bertindak secara bijak: jangan lagi buang jenazah tikus sembarangan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar